Cekidot merupakan plesetan dari check this out atau check it out yang dapat diartikan bebas, coba lihat, lihat ini,dll

Manfaat Mandi Matahari Pagi


Mandi sinar matahari sangat bermanfaat bagi bayi. Ini salah satu cara untuk memecah bilirubin. Apa sih bilirubin itu?

Kegiatan berjemur bagi bayi baru adalah rutinitas wajib. Meskipun berefek positif, bayi baru lahir hanya bisa mendapatkan manfaat apabila diterpa sinar matahari di bawah pukul delapan pagi. Anda bisa membawanya ke luar rumah sebelum atau sesudah mandi pagi. Durasinya, antara 10 – 15 menit. Posisi yang baik saat menjemur adalah posisi berbaring, baik terlentang maupun tengkurap, apabila bayi tidur. Dalam keadaan bangun, Anda bisa menggendongnya sambil bermain.

Proses memecah bilirubin. Terkadang ada bayi yang baru lahir terlihat kuning pada kulit atau matanya. Ini adalah bilirubin. Bilirubin sebenarnya pigmen kuning dari proses pemecahan sel darah merah yang akan terbuang melalui plasenta ke tubuh ibu saat bayi masih di dalam kandungan. Namun, saat bayi sudah lahir, seharusnya proses tersebut tak berlangsung lagi.

Belum stabil. Saat baru lahir, secara fisiologis bayi belum siap untuk memecah bilirubin. Itulah alasan kenapa bayi baru lahir sebaiknya dijemur matahari pagi. Pada umumnya, setelah bayi lahir sejak hari ke 3 hingga ke 5, kadar bilirubin akan memuncak. Pada hari ke 7 hingga ke 10, kadarnya mulai menurun dengan secara bertahap. Sebab, fungsi hati bayi sudah mulai bekerja dengan optimal.

Pada bayi prematur, proses ini tentu akan lebih panjang waktunya. Dokter spesialis neonatalogi (ahli bayi baru lahir) akan memantau kadar bilirubin bayi dan akan menganjurkan bayi menginap lebih lama beberapa hari di rumah sakit, untuk mendapatkan penanganan.

Menguatkan tulang, mempererat ikatan. Apabila bayi Anda diberi izin pulang tanpa masalah kadar bilirubin tinggi, Anda tetap perlu menjemur bayi Anda. Kegiatan ini proses pemecahan bilirubin agar sempurna dan tuntas. Sehingga, warna kekuningan pada kulit bayi secara bertahap hilang. Menjemur bayi baru lahir juga baik untuk pertumbuhan tulang dan kesempatan untuk Anda menjalin ikatan/bonding dengan bayi.

Vitamin D Kurang, Bayi Bakal Rentan Infeksi Pernapasan

Penelitian terbaru mendapati bayi-bayi yang lahir dengan tingkat vitamin D rendah, berisiko dua kali lipat terkena infeksi pernapasan. Vitamin D disebut sebagai vitamin matahari karena tubuh memproduksi vitamin tersebut apabila terkena matahari. Vitamin D membantu membangun tulang-tulang yang kuat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi internasional menunjukkan bahwa vitamin D juga dapat mengurangi risiko infeksi saluran pernafasan pada bayi.

Dr. Carlos Camargo dari Fakultas Kedokteran Harvard University di Massachusetts, beserta para koleganya, mengukur kadar vitamin D dalam sampel darah tali pusar bayi yang telah dibekukan dari lebih 900 anak di kota-kota Wellington dan Christchurch, Selandia Baru. Mereka meneliti perkembangan anak-anak tadi dari umur tiga bulan hingga lima tahun.

“Yang kami temukan adalah anak-anak dengan kadar vitamin D paling rendah memiliki risiko tinggi terkena infeksi dan gangguan pernafasan selama masa kanak-kanak mereka,” ujar Dr. Camargo seperti ditulis voanews.

Tetapi, kadar vitamin D yang rendah tidak dikaitkan dengan penyakit asma. Walaupun susu sapi dan keju mengandung banyak vitamin D, cahaya matahari merupakan sumber vitamin D yang paling mudah dan handal. Menurut  Camargo, tidaklah mengherankan, para peneliti menemukan kadar vitamin D paling rendah pada anak-anak yang lahir dalam musim dingin.

Kekurangan vitamin D biasanya paling umum di negara-negara yang jauh dari garis khatulistiwa. Tetapi, tandas Camargo,  problem ini kini menjadi lebih lumrah bahkan di negara-negara beriklim panas yang penuh cahaya matahari. “Orang makin sering berada di dalam ruangan,” kata Dr. Camargo. “Mereka bekerja dan berolahraga di dalam gedung. Jadi, kita kini mulai melihat rendahnya tingkat vitamin D di daerah-daerah yang sebenarnya banyak cahaya matahari.”

Studi yang menghubungkan tingkat vitamin D pada bayi-bayi yang terkena infeksi pernafasan pada masa kanak-kanak ini, diterbitkan dalam jurnal “Pediatrics” di bulan Januari.

2 responses

  1. widiagroup

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://entrydatagroup.blogspot.com/

    May 12, 2011 at 12:48 pm

  2. wah…infonya bagus sekali
    sangat bermanfaat
    makasi udah mau berbagi infonya

    January 5, 2012 at 8:32 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s